Text
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI 3D BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI LSITRIK DINAMIS MATA KULIAH FISIKA DASAR
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran animasi 3d berbasis teori perubahan konseptual pada materi listrik dinamis mata kuliah fisika dasar yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah Rowntree yang terbagi ke dalam 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Sedangkan tahap evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif Tessmer namun tanpa menggunakan uji lapangan atau field test mengingat tujuan penelitian ini hanya sampai mendapatkan produk yang valid dan praktis. Sehingga secara berurutan, tahap evaluasi yang dilakukan adalah self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation. Tahap expert review dilaksanakan untuk mendapatkan tingkat kevalidan dari video pembelajaran menggunakan teknik pengumpulan data walkthrough dan didapatkan hasil tingkat kevalidan sebesar 96,50% sehingga video pembelajaran digolongkan ke dalam kategori sangat valid. Tahap one-to-one evaluation dan small group evaluation dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data angket dengan tujuan untuk mendapatkan tingkat kepraktisan dari video pembelajaran. Hasil dari one-to-one evaluation dan small group evaluation secara berurutan yaitu sebesar 89,76% dan 87,71%, sehingga video pembelajaran yang dikembangkan ini digolongkan ke dalam kategori sangat praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002594 | T61281 | T612812021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available