Text
Penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi pelayanan listrik pintar di pt. Perusahaan listrik negara (pln) ws2jb cabang kota palembang
Peran penting listrik keberadaannya dirasakan sangat vital tetapi masalah yang
sangat krusial khususnya di Kota Palembang untuk listrik adalah jumlah kwh dalam pulsa
listrik pintar berubah tiap bulan, gangguan instalasi listrik pintar harus ditangani langsung
petugas, pulsa listrik pintar tidak bisa masuk ke meter prabayar, dan daftar tunggu yang
mencapai ribuan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip akuntabilitas
dan transparansi dalam pelayanan listrik pintar pada PT. PLN WS2JB Kota Palembang.
Prinsip akuntabilitas dan transparansi merupakan bagian dari good governance dimana
kedua prinsip ini saling berkaitan erat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan
data adalah wawancara terhadap informant, observasi dan juga berdasarkan dokumen
berupa data, tabel, karya tulis ilmiah dan rujukan internet yang berkaitan dengan
penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelayanan keluhan pelayanan listrik
pintar belum dijalankan secara maksimal karena ada keluhan masuk yang berulang dan
keluhan yang belum diselesaikan. Respon pelayanan PT. PLN terhadap keluhan pelayanan
listrik pintar dari pelanggan masih kurang peka. Serta sosialisasi dalam bentuk pertemuan
dengan masyarakat tidak dilakukan secara merata diseluruh area kota Palembang. Skripsi
ini merekomedasikan beberapa saran yang perlu dilakukan oleh PT. PLN WS2JB Kota
Palembang yaitu meningkatkan pelayanan penanganan keluhan, meningkatkan respon
pelayanan, dan mengadakan sosialisasi dalam bentuk pertemuan masyarakat secara merata
di seluruh area kota Palembang agar tercapainya pelayanan listrik pintar yang akuntabel
dan transparan.
Kata kunci :Akuntabilitas, Tranparansi, Pelayanan Listrik Pintar.
No copy data
No other version available