Skripsi
STUDI PUSTAKA BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA ANAK USIA (5-6) TAHUN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persentase kesesuaian bahan ajar matematika dengan karakteristik dan capaian perkembangan pada anak usia (5-6) tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) oleh karena itu data yang diteliti sepenuhnya berasal dari kepustakaan atau buku-buku. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan bantuan alat pengumpulan data berupa lembar checklist. Untuk mengkaji bahan ajar matematika pada anak usia (5-6) tahun peneliti menggunakan tujuh bahan ajar matematika pada anak usia (5-6) tahun berupa buku sebagai data primer. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar matematika pada anak usia (5-6) tahun berupa buku cukup sesuai berdasarkan karakteristik dan capaian perkembangan anak dengan persentase 68,57%. Pada indikator memuat materi berdasarkan capaian pembelajaran matematika anak usia (5-6) tahun pada Permendikbud no.137 mendapatkan nilai rata-rata 64,28% dengan kategori cukup sesuai, Materi diuraikan berdasarkan berpikir simbolik mendapatkan nilai rata-rata 78,57% dengan kategori cukup sesuai, Materi Berkaitan langsung dengan lingkungan dan kehidupan anak mendapatkan nilai rata-rata 67,85% dengan kategori cukup sesuai, Memuat gambar konkret yang bisa menarik minat belajar anak mendapatkan nilai rata-rata 64,28% dengan kategori cukup sesuai, Menyediakan berbagai aktivitas kegiatan peserta didik untuk belajar lebih jauh mendapatkan nilai rata-rata 67,85% dengan kategori cukup sesuai.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002588 | T53482 | T534822021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available