Skripsi
IDENTIFIKASI CARA PERUSAHAAN E-COMMERCE TERKEMUKA MENERAPKAN PANDUAN UX UNTUK SISTEM E-COMMERCE
UX (User Experience) dapat diartikan sebagai pengalaman user saat menggunakan sebuah aplikasi. Infrastruktur aplikasi memengaruhi pengalaman user saat menjelajahi aplikasi. Sebesar 51,6% kegiatan bisnis perusahaan gagal akibat tidak menyesuaikan kebutuhan user dan perkembangan teknologi. Peningkatan nilai ekonomi digital pada bidang e-commerce meningkat pada tahun 2020 sebesar 54% dan diperkirakan akan meningkatkan lebih dari 21% pada tahun 2025. Hasil pelaksanaan pre-research, belum adanya cara penerapan panduan UX yang menjelaskan secara spesifik kebutuhan user untuk UX sistem e-commerce. Oleh karena itu dibutuhkan cara penerapan UX untuk sistem e-commerce berdasarkan aplikasi e-commerce oleh perusahaan terkemuka yaitu Shopee. Berdasarkan ISO 9241-11, terdapat 3 parameter yang membangun usability, yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Teknik yang digunakan untuk menguji effectiveness dan efficiency adalah performance maesurement, dan satisfaction diuji menggunakan teknik Restropective Think Aloud (RTA). Hal yang ditekankan berdasarkan parameter effectiveness adalah tentang bagaimana user dapat menjalankan aplikasi tanpa error. Parameter effectiveness menekankan tentang bagaimana user dapat menjalankan aplikasi dengan meminimalkan sumber daya. Sedangkan parameter satisfaction dibangun berdasarkan 5 indikator yaitu keseluruhan aplikasi, tampilan layar, terminologi, pembelajaran, dan kemampuan sistem. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pembuatan UX sistem e-commerce.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002556 | T50696 | T506962021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available