Skripsi
PENGGUNAAN METODE FUZZY MAMDANI DAN SUGENO DALAM MENGATUR POLA SERANGAN MUSUH PADA MEDIA PERMAINAN 2 DIMENSI
Permainan 2 dimensi banyak disukai pemain karena ciri khasnya yang unik, operasi sederhana dan terkesan klasik namun tidak ketinggalan zaman. Saat ini permainan 2 dimensi memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, kualitas permainan yang dibuat cenderung monoton dan tidak memberikan sisi edukasi kepada pemain. Penambahan rintangan atau musuh di dalam permainan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan daya tarik dan kompetisi pada permainan. Karakter musuh yang dijalankan oleh sistem pada permainan biasanya cenderung bersifat acak sehingga perlu adanya algoritma yang dapat membantu karakter musuh bertindak dinamis sesuai dengan situasi yang dihadapi pada permainan “Save Forest” bergenre FPS (First Person Shooter) ini. Parameter masukkan yang digunakan dalam sistem fuzzy adalah darah musuh, darah pemain dan jarak pemain dengan musuh. Hasil akhir dari penelitian adalah sistem fuzzy dapat menghasilkan nilai aksi yang lebih dinamis sehingga karakter musuh dapat melakukan aksi yang sesuai dengan situasi yang dihadapi. Berdasarkan hasil uji coba pada musuh yang menggunakan metode Mamdani, Sugeno, dan non fuzzy pada lima skenario yang berbeda. Penerapan metode Mamdani menghasilkan hasil yang lebih baik dalam menentukan keputusan yang bervariasi dimana total koefisien variasi yang dihasilkan sebesar 2,986 sedangkan metode Sugeno hanya menghasilkan koefisien variasi sebesar 2,455 dan non fuzzy sebesar 2,428.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002505 | T48820 | T488202021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available