Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Palembang
enelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI
(Team Assisted Individualization)terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII
pelajaran Biologi di SMP Negeri 43 Palembang telah dilaksanakan pada tahun ajaran
2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas VIII SMP Negeri 43 Palembang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Kelas percobaan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dengan jumlah siswa 30 orang dan VIII.7
dengan jumlah siswa 34 orang. Data hasil belajar siswa berupa nilai gain dan aktivitas
belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi selama diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization), diperoleh rata-rata aktivitas siswa
selama tiga pertemuan berturut-turut yaitu 77,99%, 74,08%, dan 86,45%. Hasil belajar
siswa diperoleh dengan menggunakan penilaian hasil belajar (Gain) yang merupakan
selisih nilai postes dan pretes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata
pretest, posttest, dan rata-rata n-gain untuk materi KD 2.2, KD 2.3, KD 2.4 dalam tiga
pertemuan yaitu 0,46; 0,47; dan 0,51 serta nilai rata-rata indeks n-gain sebesar 0,49
yang dikategorikan sedang. Ketuntasan belajar siswa pada tiga pertemua yaitu 93,33%,
yang artinya siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan data
yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TAI berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available