Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode eksperimen siswa kelas V SD Negeri 63 Palembang
Penelitian ini membahas tentang hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 63
Palembang dengan menggunakan metode eksperimen. Permasalahannya adalah
apakah dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas V SD Negeri 63 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Stiap siklus
meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 63 Palembang yang berjumlah 28
siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengambilan
data dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian pada
pelaksanaan siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
67,85% dan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 96,42%. Hasil aktifitas siswa di siklus I pertemuan ke-1 sebesar
0% dan pada siklus I pertemuan ke-2 sebesar 35,71. Sedangkan hasil keaktifan
siswa pada pelaksanaan siklus II di pertemuan ke-1 adalah sebesar 60,71% dan
siklus II pada pertemuan ke-2 adalah sebesar 85,71%. Dari data yang telah
terkumpul menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas
V SD Negeri 63 Palembang dengan menggunakan metode eksperimen
No copy data
No other version available