Text
Penerapan algoritma negascout dengan optimasi MTDI untuk menyelesaikan langkah permainan othello
Permainan Othello merupakan salah satu aplikasi sistem kecerdasan buatan. Permainan ini terdiri dari satu orang pemain dan sistem yang telah dirancang berperilaku seperti seorang manusia sebagai lawannya. Permainan ini dimainkan diatas papan persegi yang terdiri dari 8 baris dan 8 kolom, setiap pemain memiliki koin yang berbeda warna (hitam dan putih). Untuk mendukung kecerdasan buatan pada permainan othello tersebut memerlukan metode atau algoritma tertentu, salah satunya adalah Algoritma Heuristik. Salah satu Algoritma Heuristik yang digunakan penulis adalah Algoritma Negascout dengan Optimasi MTDf (Memory-enhanced Test Driver value f). Algoritma Negascout merupakan algoritma perbaikan dari algoritma Minimax. Algoritma Negascout menghasilkan jendela pencarian yang lebih kecil dari pada minimax. Pemikiran dasar Negascout ialah langkah yang dilakukan setelah langkah pertama akan menghasilkan pemotongan. Untuk mengimplementasikan permainan othello ini digunakan teknologi bahasa pemograman Java Mobile (J2ME).
No copy data
No other version available