Skripsi
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RASA KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rasa karya Tere Liye dan untuk mengetahui implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam menelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah novel Rasa karangan Tere Liye. Data pada penelitian ini ialah kutipan maupun dialog yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rasa karya Tere Liye. Hasil penelitian terhadap novel Rasa karya Tere Liye menunjukan terdapat 16 nilai pendidikan karakter yang terdiri dari karakter religius 3 nilai, karakter jujur 2 kali, karakter toleransi 1 nilai, karakter disiplin 4 nilai, karakter kerja keras sebanyak 8 nilai, karakter kreatif 2 nilai, karakter mandiri 3 nilai, karakter demokratis 1 nilai, karakter rasa ingin tahu 2 nilai, karakter menghargai prestasi sebanyak 15 nilai, karakter gemar membaca 8 nilai, karakter bersahabat/komunikatif sebanyak 4 nilai, karakter cinta damai terdapat 2 nilai, karakter peduli lingkungan 4 nilai, karakter peduli sosial sebanyak 9 nilai, dan karakter tanggung jawab sebanyak 6 nilai. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada kelas XII dengan kompetensi dasar (KD) 3.7 “menilai isi dua buku fiksi dan satu buku nonfiksi”.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004496 | T91567 | T915672023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available