Text
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Pada Pokok Bahasan Optik Geometris Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 21 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Discovery pada pokok
bahasan optik geometris terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 21 Palembang. Penelitian
ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah quasy experimental (eksperimen semu), dengan desain penelitian
pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh Siswa
kelas X di SMA Negeri 21 Palembang dan sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan
teknik cluster sampling. Proses pembelajaran dikelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan
model Pembelajaran discovery dan di kelas kontrol diajarkan dengan model Pembelajaran yang
biasa digunakan guru di SMA. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan
ganda yang berjumlah 20 soal, untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi ( ) = 5%, didapat
harga thitung = 2,17 dan ttabel = 1,65 terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga, H0 ditolak. Dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa kelas
X di SMA Negeri 21 Palembang.
Kata-kata kunci : model pembelajaran, Pembelajaran discovery, hasil belajar siswa, optik geometris
No copy data
No other version available