Text
Pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap
hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 20 Palembang dalam aspek kognitif pada materi
pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental Design
dengan desain penelitian one-group pre-test and post-test. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik acak (random). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.3 dengan jumlah
siswa 35 orang. Hasil belajar yang diperoleh dengan penerapan metode eksperimen dilihat
dari nilai rata-rata gain sebesar 34,71; dan n-gain sebesar 0,64. Hal ini menunjukkan bahwa
penerapan metode eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 64 % dari
nilai maksimum yang diharapkan. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang, dengan
ketuntasan belajar siswa >85% yaitu sebesar 95,71%. Disimpulkan bahwa penerapan metode
eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada materi
pencemaran lingkungan
No copy data
No other version available