Skripsi
PERAN PEMBIMBING DALAM PELATIHAN KETERAMPILAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI PANTI SOSIAL REHABILITASI ANAK MEMBUTUHKAN PERLINDUNGAN KHUSUS INDRALAYA
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran pembimbing dalam pelatihan keterampilan remaja putus sekolah di Panti Sosial Rehabilitasi Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus Indralaya. Subjek dalam penelitian ini meliputi lima orang yang terdiri dari unsur pengelola, pembimbing, dan peserta didik angkatan I tahun 2021. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun peran pembimbing dilihat dari enam indikator, yaitu motivator, director, inisiator, mediator, fasilitator, dan evaluator. Sebagai motivator, pembimbing sudah memotivasi peserta didik dalam bentuk verbal dan non-verbal, meskipun pada pemberitahuan nilai tugas dan pemberian hadiah tertentu tidak dilakukan. Selain itu, pembimbing menyediakan ruang eksplorasi yang luas bagi peserta didik dengan mencetuskan ide pembelajaran. Pembelajaran tersebut juga didukung dengan pemenuhan fasilitas yang memadai, serta adanya peran pembimbing yang menjadi perantara dalam pemakaian media pembelajaran. Pemantauan jalannya kegiatan juga dilakukan, meskipun terdapat ketidaksinambungan antara kegiatan dan jadwal yang ditetapkan. Pembimbing juga melewatkan beberapa proses evaluasi serta kurangnya bukti tertulis yang dapat digunakan sebagai pedoman penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa peran pembimbing sebagai motivator dan director telah dilaksanakan, tetapi beberapa upaya dalam penilaian dan jadwal kegiatan belum optimal. Lalu, pada peran pembimbing sebagai evaluator, terdapat upaya dalam evaluasi yang tidak dilakukan secara maksimal. Sedangkan sebagai inisiator, mediator dan fasilitator, telah dijalankan pembimbing sesuai dengan tugas yang seharusnya. Kata kunci: Peran, Pelatihan, Pembimbing.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000421 | T64442 | T644422022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available