Image of Metode rehabilitas terhadap pecandu narkotika yang rawat inap di yayasan pusat rehabilitasi narkoba Ar-Rahman Palembang

Text

Metode rehabilitas terhadap pecandu narkotika yang rawat inap di yayasan pusat rehabilitasi narkoba Ar-Rahman Palembang



Narkotika merupakan suatu zat yang apabila digunakan secara berlebihan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa halusinasi, terganggunya fungsi otak, gangguan perilaku, gejala putus zat, overdosis dan lain sebagainya. Salah satu upaya dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika yaitu dengan cara rehabilitasi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan rehabilitasipun beragam, metode tersebut di sesuaikan dengan kebutuhan para pecandu narkotika itu sendiri. Dalam proses pelaksanaan pemberian rehabilitasi tersebut juga terdapat beberapa faktor penghambat. Yayasan Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar Rahman merupakan salah satu tempat rehabilitasi yang berbasis keagamaan di kota Palembang. Rehabilitasi yang dilaksanakan dapat berupa rehabilitasi rawat inap dan rehabilitasi rawat jalan. Rehabilitasi dengan rawat inap atau rawat jalan dilakukan sesuai dengan masing-masing kondisi para pecandu narkotika.
Adapun penelitian yang dilakukan yaitu secara yuridis empiris. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut :
1. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pemberian rehabilitasi terhadap pecandu narkotika yang rawat inap di Yayasan Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar Rahman dengan menggunakan metode keagamaan berdasarkan ajaran Agama Islam yang terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu metode dzikir dan religi (dzikir lisan, dzikir hati dan dzikir perbuatan), metode Therapeutic Community dan metode PABM (Pemulihan Adiksi Berbasis Masyarakat).
2. Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam proses pemberian rehabilitasi tersebut terhadap pecandu narkotika yang rawat inap adalah faktor yang datang dari klien itu sendiri, faktor dari keluarga, faktor sarana dan prasarana serta faktor dari Sumber Daya Manusia (SDM).


Ketersediaan

S00353362.178 608 Kun m 2016My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
362.178 608 Kun m 2016
Penerbit Fak. Hukum : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xviii, 100 hlm. :ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
362.178 608
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this