Image of Analiss perkuatan lereng menggunakan kombinasi soil nailing dan gabion (studi kasus jalan sugihwaras baturaja km 274+643)

Text

Analiss perkuatan lereng menggunakan kombinasi soil nailing dan gabion (studi kasus jalan sugihwaras baturaja km 274+643)



Provinsi Sumatera Selatan memiliki banyak daerah yang rentan sekali terhadap bahaya longsor, termasuk di Ruas Jalan Lintas Palembang-Baturaja km 273+643 yang menjadi lokasi penelitian yang berada di pinggiran sungai. Untuk mencegah terjadinya longsor susulan dan menanggulangi lereng yang sudah longsor diperlukan suatu konstruksi yang mempunyai fungsi untuk menahan lereng tersebut.
Pada studi kasus kali ini digunakan metode perkuatan lereng dengan menggunakan kombinasi Soil Nailing dan Gabion. Soil Nailing merupakan perkuatan lereng dengan memasukkan batangan-batangan baja ke permukaan lereng. Sedangkan Gabion sering digunakan karena dapat menahan gerakan baik vertikal maupun horizontal. Sifat gabion dapat meloloskan air sehingga air dapat terus lewat sementara pergerakan tanah dapat ditahan oleh gabion. Penelitian ini menggunakan software Plaxis sehingga analisis stabilitas lereng dapat menghitung faktor keamanan dengan lebih cepat. sebelum melakukan perhitungan di Plaxis terlebih dahulu dilakukan perhitungan stabilitas untuk perkuatan gabion serta kegagalan tarik dan cabut untuk perkuatan soil nailing. Penelitian akan menganalisis stabilitas lereng dengan menghitung faktor keamanan lereng sebelum dan sesudah diberi perkuatan, serta dapat membandingkan hasil analisis dari perkuatan soil nailing, gabion, dan kombinasi keduanya.
Berdasarkan analisis dari pembahasan yang telah dilakukan didapatkan hasil analisis lereng dengan kondisi tanah asli sebelum diberi perkuatan didapatkan nilai faktor keamanan sebesar 1,186, faktor keamanan lereng yang diperkuat dengan gabion ketinggian 2,5 meter sebesar 1,780, perkuatan lereng menggunakan soil nailing saja didapatkan nilai faktor keamanan sebesar 2,331, dan lereng dengan perkuatan kombinasi gabion dan soil nailing memberikan angka keamanan kurang lebih dua kali lipat lebih besar, yaitu 4,276.


Ketersediaan

S000048S624.151 363 07 Wik a 2016Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
624.151 363 07 Wik a 2016
Penerbit Fak. Teknik : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xiii, 82 hlm. : ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
624.151 363 07
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya