Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Sayur-Mayur dan Lauk-Pauk Konsumen Ibu Rumah Tangga di Pasar Tradisional KM 5 Palembang

Image of Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Sayur-Mayur dan Lauk-Pauk Konsumen Ibu Rumah Tangga di Pasar Tradisional KM 5 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor sosial ekonomi
yang mempengaruhi perilaku belanja sayur-mayur dan lauk pauk ibu rumah
tangga yang bekerja dan ibu tidak bekerja. (2) Menganalisis proses pengambilan
keputusan belanja dan hubungannya terhadap jumlah belanja sayur-mayur dan
lauk pauk yang dikeluarkan oleh ibu rumah tangga yang bekerja dan ibu tidak
bekerja. (3) Menghitung pengeluaran belanja sayur-mayur dan lauk pauk dalam
satuan rupiah dan satuan kilogram per bulannya dilanjutkan dengan menganalisis
perbedaan perilaku pengeluaran belanja antara ibu rumah tangga yang bekerja dan
ibu tidak bekerja. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Tradisional KM 5 Kota
Palembang, pada bulan Mei 2017 sampai dengan Oktober 2017.
Penelitian dilakukan di Pasar Tradisional KM 5 Kota Palembang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data primer dan data
sekunder yang diperoleh di lapangan diproses dengan metode matematis,
ditabulasikan diikuti dengan analisis deskriptif kualitatif, dimana terdapat 30
sampel ibu rumah tangga tidak bekerja dan 30 sampel ibu rumah tangga yang
bekerja. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei 2017 sampai dengan bulan
Oktober 2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan
(1) Faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh signifikan terhadap belanja
sayur ibu tidak bekerja adalah varibel pendapatan total rumah tangga, pendidikan
ibu, jumlah anggota keluarga, dan jenis penghasilan suami. Sedangkan untuk ibu
bekerja adalah variabel usia ibu dan jumlah anggota keluarga. Faktor sosial
ekonomi yang berpengaruh signifikan terhadap belanja bahan lauk ibu tidak bekerja
adalah varibel pendapatan total rumah tangga, pendidikan ibu, jumlah anggota
keluarga, dan jenis penghasilan suami. Sedangkan untuk ibu bekerja adalah
pendapatan total rumah tangga dan jumlah anggota keluarga. (2) Terdapat
perbedaan di dalam aspek proses pengambilan keputusan belanja sayur-mayur dan
lauk pauk antara ibu rumah tangga tidak bekerja dan ibu rumah tangga bekerja,
dan tidak ada hubungan yang signifikan (nyata) antara variabel-variabel aspek
pengambilan keputusan terhadap jumlah belanja sayur-mayur dan lauk pauk yang
dikeluarkan oleh ibu rumah tangga yang bekerja dan ibu tidak bekerja. Dan (3)
Total belanja sayur-mayur dalam satuan rupiah dengan rata-rata sebesar
Rp.294.370 untuk ibu tidak bekerja dan ibu bekerja Rp.355.183. Dalam satuan
kilogram rata-rata total belanja ibu tidak bekerja 20,64 kg dan ibu bekerja 25,56
kg. Lalu total belanja lauk-pauk dalam satuan rupiah dengan rata-rata sebesar
Rp.545.483 untuk ibu tidak bekerja dan ibu bekerja Rp.730.100. Dalam satuan
kilogram rata-rata total belanja ibu tidak bekerja 21,60 kg dan ibu bekerja 28,07
kg. Konsumsi sayur-mayur dan lauk-pauk ibu tidak bekerja dan ibu bekerja,
keduanya lebih besar dibandingkan data BPS konsumsi penduduk Sumatera
Selatan tahun 2015 dalam kg/bln/kapita. Dan terdapat perbedaan perilaku belanja
sayur-mayur maupun lauk-pauk dalam satuan rupiah dan dalam satuan kilogram
antara ibu rumah tangga tidak bekerja dan ibu bekerja.
Kata Kunci: faktor sosial ekonomi, pengeluaran sayur-mayur dan lauk pauk, ibu rumah tangga
Ketersediaan
S06408My LibraryTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Fak. Pertanian : Indralaya.,

Deskripsi Fisik

xxii, 205 hlm. : ilus + CD

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Pilih Bahasa

UPT Perpustakaan UNSRI

Lokasi
Jl. Palembang - Prabumulih KM.32 Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan
perpustakaan@lib.unsri.ac.id
Jam Layanan
Hari senin s.d. Jumat : 08.00 - 22.00
Sabtu : 08.00 - 16.00

Top