Image of Penerapan pertanggungjawaban perdata terhadap hak-hak pasien pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam perspektif undang-undang No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

Text

Penerapan pertanggungjawaban perdata terhadap hak-hak pasien pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam perspektif undang-undang No. 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen



Skripsi ini berjudul Penerapan Pertanggungjawaban Perdata Terhadap Hak-
Hak Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam Perspektif
Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.Untuk
memenuhi hak konstitusional warga negara atas kesehatan, dibentuklah Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menyelenggarakan jaminan sosial. BPJS
hadir untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat yang meliputi
manfaat medis dan non medis. Namun ternyata di dalam penyelenggaraannya, manfat
yang dijaminkan oleh BPJS ini tidak dapat terpenuhi. Sehingga banyak masyarakat
yang menjadi peserta pengguna BPJS dirugikan. Penelitian ini menggunakan metode
yuridis empiris untuk membahas penerapan pertanggungjawaban yang diberikan oleh
BPJS dan rumah sakit terhadap hak pasien yang tidak terpenuhi dan upaya yang
dilakukan pasien untuk mendapatkan haknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
bentuk pertanggungjawaban perdata yang diberikan oleh BPJS dan rumah sakit bagi
pasien pengguna BPJS yang tidak mendapatkan kamar rawat inap adalah pasien
pengguna BPJS dapat dirawat di kelas yang lebih tinggi dari kelas yang menjadi
haknya tanpa harus membayar selisih biaya, dirujuk ke rumah sakit lain, atau dirawat
di kelas yang lebih rendah dari kelas yang menjadi haknya. Bagi pasien pengguna
BPJS yang tidak mendapatkan obat-obatan, dapat dirujuk ke rumah sakit atau apotek
lain yang bekerja sama dengan BPJS. Di dalam hal tidak terpenuhinya hak pasien
pengguna BPJS, maka upaya yang dapat dilakukan oleh peserta pengguna BPJS
dalam hal tidak terpenuhi haknya dapat dilakukan dengan menyampaikan keluhannya
ke rumah sakit atau ke BPJS langsung.

Kata Kunci: Pertanggungjawaban perdata, BPJS, rumah sakit, pasien pengguna BPJS.


Ketersediaan

S01602My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Fak. Hukum : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xi, 80 hlm. : ilus. + CD
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya